Home / Life Style / Riset: Wanita Kritik Diri Sendiri, Tapi Memuji Orang Lain di Media Sosial

Riset: Wanita Kritik Diri Sendiri, Tapi Memuji Orang Lain di Media Sosial

20160111083222.889947a

Banyak orang tidak bisa lepas dari dunia virtual karena kecanduan dengan media sosial. Ketergantungan pada media sosial ini menurut penelitian terbaru, bukan hanya membuat Anda kurang bergaul dengan kehidupan nyata, tapi juga bisa menyebabkan menurunnya kepercayaan diri. Bagaimana bisa?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Weight Watchers UK, wanita mengkritik dirinya sendiri setidaknya delapan kali perhari, bahkan kritikan untuk dirinya sendiri datang bahkan sebelum waktu sarapan pagi. 46% wanita yang diuji mengaku telah mengkomentari dirinya sendiri sebelum jam 9.30 pagi. Dan 89% dari responden menyampaikan bahwa mereka sering memuji orang lain di media sosial, padahal mereka tidak pernah memuji dirinya sendiri.

Riset tersebut dilakukan Weight Watchers UK melalui program yang dikampanyekan dengan menggunakan tagar #WomanKind. Studi dengan melibatkan 2000 wanita di Inggris ini dilakukan untuk mencari tahu mengapa wanita tidak memperlakukan diri mereka secara baik. Hasilnya dunia virtual yaitu media sosial, merupakan alasan terbesar para wanita tidak mencintai dirinya sendiri.

“Penelitian kami ini telah menunjukkan masalah utama selama bertahun-tahun, wanita menjadi tidak baik terhadap dirinya sendiri. Karena adanya tren media sosial dan majunya dunia modern, membuat hal ini semakin meningkat dan sulit untuk dihindari,” kata Zoe griffiths, Weight Watchers Head of Public Health and Programme, seperti dikutip dari Daily Makeover.

Rasa percayaan diri tentu penting dimiliki setiap orang, karena dengan adanya rasa percaya diri Anda akan terlihat lebih positif dan bersemangat serta terhindar dari penyakit mental. Percaya diri dapat membuat timbulnya penyakit mental, dengan terus berpikiran negatif tentang diri sehingga akan mengurangi dan membatasi kegiatan Anda serta mengurangi kemampuan Anda untuk bertahan jika ada masalah dalam hidup. Selain itu, karena kurangnya rasa percaya diri Anda bisa stress, depresi, phobia sosial bahkan gangguan makan.

(OK)

original source

Check Also

20160616054545

Building Harmony in the Family

Communication is very important in family. Modern lifestyle could create distant between family members. “In ...