Home / Science & Technology / Vonteera, Virus yang Bikin Antivirus Tak Berdaya

Vonteera, Virus yang Bikin Antivirus Tak Berdaya

a

Jakarta,- Vonteera bisa dibilang unik. Virus ini bisa membungkam berbagai aplikasi antivirus yang terpasang di komputer korbannya.

Program jahat memang punya berbagai cara agar bisa menginfeksi sistem. Kebanyakan memang masih sebatas mengelabuhi pengguna, tapi yang dilakukan Vonteera.

Vonteera adalah program jahat yang masuk dalam kategori adware. Saat terinfeksi, akan banyak iklan yang bermunculan di komputer korban. Ini memang tak terlalu berbahaya, tapi jelas sangat mengganggu.

Namun yang paling unik adalah, Vonteera bisa mematikan aplikasi antivirus yang ada di komputer korban. Beberapa antivirus yang keok antara lain, Avast, AVG, Avira, Baidu, BitDefender, ESET, Lavasoft, Malwarebytes, McAfee, Panda, ThreatTrack dan Trend Micro.

Jika sudah begini maka untuk menghapus Vonteera bukan perkara mudah. Pertama-tama pengguna harus menghidupak kembali salah satu antivitus di atas dengan mematikan sejenak fungsi User Account Control di Windows. Jalankan antivirus, update, lalu lakukan pemindaian.

Pengguna juga disarankan untuk melakukan reset pada konfigurasi setiap browser yang digunakan. Seperti yang disarankan Malwarebytes melalui blog resminya, dikutip CNN Indonesia, Kamis (26/11).

 

(lal)

original source

Check Also

a

4 Alasan “Ngawur” ICMI untuk Mendesak Pemblokiran YouTube dan Google

Pada tanggal 7 Juni 2016 kemarin, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengumumkan sebuah rekomendasi yang ...