Home / Traveling / Jika Bebas Visa Schengen, Angin Segar untuk Pariwisata Belanda

Jika Bebas Visa Schengen, Angin Segar untuk Pariwisata Belanda

a

Adanya peluang kemudahan bebas visa Schengen bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dipandang akan memberi angin segar untuk pariwisata Belanda. Jika permohonan bebas visa tersebut diterima, Aliansi Pariwisata Belanda, Holland Alliance akan terus menggenjot promosi pariwisata negeri kincir angin tersebut kepada wisatawan Indonesia.

“Langkah pertama yg dilakukan Holland Alliance Indonesia jika bebas visa schengen disetujui, kami akan melakukan kegiatan promosi secara terus menerus dan berkelanjutan sehingga destinasi Belanda dapat dikenal luas dan menjadi daerah tujuan wisata utama ketika berkunjung ke Eropa,” kata Public Relations Aviareps Indonesia selaku perwakilan Holland Alliance di Indonesia, Alfernia Oktavia saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Rabu (11/11/2015) malam.

Proses pengedukasian kepada wisatawan Indonesia juga menjadi perhatian Holland Alliance. Alfernia mengatakan untuk promosi pariwisata Belanda, misalnya bekerja sama dengan pelaku pariwisata nasional dengan ikut travel fair dan sales mission kepada agen perjalanan.

“Holland Alliance Indonesia juga berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat lewat peran media,” tambahnya.

Pihaknya sendiri menargetkan kunjungan wisatawan Indonesia ke Belanda sebesar 142.000 wisatawan di tahun 2025. Holland Alliance adalah kemitraan strategis yang dibentuk oleh empat mitra NBTC Holland Marketing, KLM Royal Dutch Airlines, Amsterdam Airport Schiphol dan Amsterdam Marketing. Aliansi tersebut akan memberikan informasi terkait pariwisata Belanda sebagai kunci utama peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Eropa mengkaji permintaan kebijakan bebas visa Schengen bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang diajukan Pemerintah RI. Menurut Kementerian Luar Negeri, Komisi Eropa sudah memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang diusulkan untuk dikaji oleh Dewan Eropa. Usulan itu diperkirakan akan disampaikan ke Dewan Eropa pada awal 2016.

“Upaya Pemerintah Indonesia selama ini terus dilakukan, baik melalui masing-masing Negara Eropa maupun melalui Komisi Eropa,” kata Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri.

Pihak Holland Alliance juga mendukung langkah pemerintah Indonesia dengan mmengharapkan Pemerintah Belanda dapat membantu membuka peluang terhadap permohonan bebas visa Schengen tersebut.

“Pihak Holland Alliance sangat mendukung kalau permohonan bebas visa schengen buat WNI dapat didukung oleh pemerintah Belanda. Karena ya pastinya akan menaikan jumlah wisatawan Indonesia yang ke sana,” kata Alfernia.

(abd)

original source

Check Also

a

4 tips berwisata murah ke Bandung tanpa menguras isi dompet

Bagi kamu yang ingin liburan asyik dan murah ke kota Bandung, pastinya kamu ingin sekali ...