Home / Health / Inilah yang Terjadi pada Tubuh saat Anda Menangis

Inilah yang Terjadi pada Tubuh saat Anda Menangis

20160617111228.514832inilah-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-anda-menangis-RngRvaVhIu

Ketika Anda meluapkan emosi dengan menangis, seperti ada perasaan sengsara yang menusuk hati Anda. Di sinilah sistem endokrin melepaskan hormon ke area mata yang memicu produksi air mata.

Tapi tahukah apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika menangis? Simak penjelasannya seperti dilansir dari laman Thehealthsite, Jumat (17/6/2016).

Memicu rasa stres

Selama gangguan emosional berlangsung, otak memproduksi hormon kortisol yang bisa membuat Anda stres. Sinyal ini bisa memantik emosi Anda lebih jauh lagi karena perasaan yang belum tenang. Sehingga tak heran, selalu ada kemarahan disela-sela tangisan.

Pengaruh terhadap suara

Pernah bertanya-tanya mengapa suara Anda selalu terdengar berat saat Anda menangis? Suara berat tersebut dipengaruhi oleh hormon kortisol, sehingga menciptakan keteganan pada tenggorokan dan memperlambat pernapasan Anda.

Menangis dapat memperbaiki mood

Menangis adalah salah satu cara terbaik menyingkirkan beban emosional berlebihan. Dalam kondisi emosional, air mata melepaskan hormon leusin-enkephalin, semacam engdorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit hati. Hormon ini akan membantu Anda menenangkan diri dan meredakan stres.

Menangis membunuh bakteri

Air mata dapat membuang racun dari tubuh Anda. Pasalnya, air mata berkontribusi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, seperti halnya dengan buang air kecil dan berkeringat. Selain itu, air mata mengandung senyawa lisozim (seperti yang ditemukan pada air mani, lendir, air liur, dan susu manusia) yang dapat membantu membunuh 90% bakteri dalam waktu 10 menit.

Mengirimkan sinyal ke orang

Seorang psikolog dari New Delhi, Dr. Siya Nangia mengatakan saat seseorang terluka dan menangis, disitulah sinyal terkirim dan mengundang orang-orang untuk merasakan simpati atas kesedihan yang dialaminya.

(fmr)

original source

Check Also

20160617033705.4144880824311shutterstock-92825878780x390

Banyak Makan Kedelai Bikin Pria Jadi Feminin?

Kedelai dikenal sebagai makanan sahabat tubuh. Tapi, kedelai disebut dapat membuat pria jadi feminim. Benarkah ...