Home / Relationship / Hati-hati, Menguntit Mantan di Facebook Berakibat Buruk bagi Mental Anda

Hati-hati, Menguntit Mantan di Facebook Berakibat Buruk bagi Mental Anda

20160615231020

Apakah Anda tipe orang yang sering menguntit mantan di media sosial? Mungkin bukan menguntit, tapi hanya ingin melihat-lihat profil mantan setelah menemukan dia di foto teman Anda.

Mungkin juga sekadar bangun pagi dengan mood yang buruk dan ingin melihat hal bodoh apa lagi yang dilakukan mantan. Kemudian, mengecek potongan rambut mantan yang luar biasa jelek ketika bosan di kantor.

Hati-hati, karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa menguntit mantan di Facebook justru akan membuat Anda semakin depresi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking ini menemukan bahwa berteman dengan mantan di Facebook, termasuk menolak untuk jadi yang pertama memutuskan hubungan di media sosial, dan mengecek profil mantan bisa menyebabkan perasaan yang buruk dan stres.

Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan rasa rindu dan penyesalan.

Lalu, mengapa kita tetap ingin berteman atau setidaknya mengetahui kabar mantan walaupun hal tersebut menyebabkan banyak masalah pada diri kita sendiri?

Tara Marshall, penulis utama penelitian ini, mengatakan bahwa rupanya ada dua alasan, yaitu tidak bisa melepaskan dan masih memiliki perasaan atau tidak peduli dan malas untuk meng-unfriend. Namun, untuk orang yang sering menguntit mantan, bisa dipastikan bahwa alasannya yang pertama.

Jika Anda ingin memulai hubungan yang baru atau sekadar menyabut kehidupan solo yang bahagia, Marshall menyarankan Anda untuk meminimalisasi eksposur agar Anda punya lebih banyak ruang untuk berpindah.

(abd)

original source

Check Also

n

Begini Ternyata ketika Pria Patah Hati

Pria juga bisa patah hati. Akan tetapi, karena mereka bukan makhluk yang ekspresif seperti wanita, ...