Home / Life Style / 5 Kesalahan Terbesar Saat Mempelajari Hal Baru

5 Kesalahan Terbesar Saat Mempelajari Hal Baru

n

Setiap orang pasti memiliki rasa penasaran untuk mencoba berbagai hal yang menurut mereka baru. Bahkan, tak jarang mereka langsung memutuskan untuk berpindah haluan karena rasa penasaran yang tinggi pada hal tersebut, seperti belajar bahasa asing, instrumen musik, dan lainnya.

Namun, tak jarang pula sebagian besar dari mereka menyerah untuk melakukannya karena beberapa alasan. Hal tersebut terasa sia-sia mengingat pengorbanan uang, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan mencoba hal baru tersebut.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, Anda bisa mencegahnya dengan mengetahui kapasitas diri sendiri dan pantang menyerah. Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Rabu (8/6/2016), Liputan6.com merangkum beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat mencoba suatu hal yang baru.

1. Anda tidak membuat tujuan yang spesifik

Kesalahan pertama yang biasa dialami oleh orang yang gagal dalam mencoba suatu hal yang baru adalah karena mereka tak membuat dan merancang tujuan spesifik. Tanpa adanya tujuan tersebut, Anda dapat dengan mudahnya kehilangan motivasi dalam mencoba hal baru tersebut.

2. Anda ragu-ragu dalam mencoba

Kesalahan berikutnya adalah banyak orang yang tidak mau “basah” saat mencoba hal baru tersebut. Totalitas sangat dibutuhkan agar usaha yang Anda lakukan dalam mempelajari hal baru tersebut berhasil. Selain totalitas, Anda juga memerlukan dedikasi agar usaha, tenaga, waktu yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia dan bahkan membuahkan hasil manis.

3. Lakukan itu sendiri

Jika Anda ingin mencoba suatu hal yang baru janganlah pernah menunggu orang lain untuk melakukannya terlebih dahulu. Tuntut diri Anda untuk mandiri dan berani melakukan hal tersebut. Tak jarang orang gagal dalam mencoba sesuatu karena adanya istilah “tunggu teman” dan yang terjadi kesempatan untuk berhasil lenyap begitu saja.

4. Menginginkan sesuatu yang sempurna

Satu konsep pemikiran yang keliru ketika Anda ingin mencoba sesuatu hal baru adalah hasil yang sempurna. Jelas itu hampir mustahil dilakukan karena Anda masih dalam proses pembelajaran. Menuntut diri untuk mendapatkan hasil yang sempurna hanya akan menyiksa diri Anda sendiri.

5. Menyerah terlalu cepat

Menurut penulis asal Amerika Serikat, Seth Godin, selalu ada lima alasan mengapa seseorang akan menyerah. Anda merasa seperti kehabisan waktu, uang, merasa takut, tidak serius dalam menjalaninya dan kehilangan minat. Kelima alasan tersebut berakhir pada keputusan cepat untuk Anda menyerah saat mencoba hal yang baru. Cobalah untuk lebih bersabar sehingga keberhasilannya berdampak secara bertahap.

(fmr)

Original source

Check Also

20160616054545

Building Harmony in the Family

Communication is very important in family. Modern lifestyle could create distant between family members. “In ...