Home / Health / Dampak Bermain Gadget di Malam Hari

Dampak Bermain Gadget di Malam Hari

a

Anda mungkin pernah membaca bahwa bermain gadget di malam hari bisa mengancam kualitas tidur. Tapi penelitian terbaru menemukan fakta yang lebih mengerikan, paparan cahaya gadget dapat mempengaruhi kesehatan secara umum.

Awalnya, tubuh Anda akan tetap terjaga karena cahaya gadget menekan melatonin, hormon yang memberi sinyal pada tubuh untuk persiapan untuk tidur. Ketika kadar hormon tersebut berkurang, maka akan ada efek domino yang menyebabkan masalah lebih besar.

“Kadar melatonin yang rendah berhubungan dengan penurunan kualitas tidur yang kemudian dapat berdampak pada gangguan konsentrasi, melemah fungsi kekebalan tubuh, depresi, diabetes, bahkan sampai penyakit jantung,” kata Nicole Van Groningen, MD, internis di NYU Langone Medical Pusat.

Yang lebih mengerikan lagi, kadar melatonin yang berkurang dapat mengganggu kesuburan yang membuat kesulitan hamil, juga meningkatkan risiko kanker payudara karena melatonin membantu mencegah pembentukan tumor, menurut penelitian dari University of Georgia, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Kamis (19/5/2016).

“Penelitian ini tidak mengatakan bahwa cahaya gadget langsung menyebabkan masalah seperti berat badan atau kanker, namun memang ada hubungan antara hal-hal tersebut,” kata Van Groningen. Sementara itu, menurunkan paparan tubuh dari cahaya gadget, menurutnya mudah dilakukan.

Ini bisa dimulai dengan memilih membaca buku daripada ebook, menutup tirai Anda sebelum tidur, melarang penggunaan benda elektronik di kamar, dan mematikan lampu kamar atau menggunakan lampu yang memancarkan frekuensi cahaya lebih rendah, seperti yang dipancarkan dari bola lampu pijar, sarannya.

(fmr)

original source

Check Also

20160617033705.4144880824311shutterstock-92825878780x390

Banyak Makan Kedelai Bikin Pria Jadi Feminin?

Kedelai dikenal sebagai makanan sahabat tubuh. Tapi, kedelai disebut dapat membuat pria jadi feminim. Benarkah ...