Home / Hot News / Ada Pabrik Berlian di Bandung

Ada Pabrik Berlian di Bandung

20160215093658.37458814 Februari Indo Wisata Permata_web_WIW_9151

Bandung telah lama dikenal sebagai surganya kuliner dan fashion. Namun kini, status baru akan disandang Bandung yakni sebagai kota berlian! Ya, berlian.

Sebuah pabrik berlian telah berdiri di kawasan Bandung utara, tepatnya Kompleks Citra Green Dago Blok N 1-10, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Tepat pada Hari Kasih Sayang, Minggu (14/2/2016), pabrik berlian yang juga mengusung fungsi edukasi itu resmi dibuka.

Menurut sang pemilik, Yudi Yopie Mesa (50), pabrik berlian itu berdiri di atas lahan seluas 1 hektare. Sebenarnya, bangunan berlantai 4 itu lebih dari sekadar pabrik berlian karena juga tersedia fasilitas tiga kafe yang terpisah. Ada juga galeri di dalamnya.

Lokasi pabrik berlian ada di lantai bawah. Tempat itu akan mengubah pandangan kebanyakan orang yang mengira akan dijaga sangat ketat. Desain ruangan dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung akan mengikuti alur pengolahan berlian mulai dari pintu masuk, lanjut ke proses pemotongan intan, dan berakhir di galeri yang menjual berlian hasil akhir.

“Harus dipahami dahulu. Intan adalah rough diamond. Jadi butiran kasar calon berlian. Setelah dipotong dan dipoles, maka disebut berlian,” ucap Yudi yang asli Bandung itu.

Pabrik yang dimaksud tidak seperti yang dibayangkan. Tempatnya sangat nyaman dengan AC yang sejuk. Pengunjung tidak diperkenankan masuk tapi bisa melihat proses pengerjaan berlian dari awal hingga akhir. Antara lokasi pengunjung dan pekerja, dibatasi sebuah kaca tebal. Di dalam pabrik berlian itu hanya ada empat pekerja, berikut peralatan canggih untuk memproses berlian dari mulai bongkahan hingga siap dipasarkan.

(abd)

original source

Check Also

Michael Kors Sale great number overwhelming a person’s

T odd oldham is impressive with his salute to basically no 50 big t americana ...